Social Icons

Jumat, 25 April 2014

TIDAK ADA MASALAH DILUAR DIRI KITA

 

''Dalam hidup ini kejarlah MENGERTI, sebab pengertian memudahkan hidup.''


Manusia sebenarnya menghadapi persoalan dengan diri sendiri. Misalnya ketika bersedih. Apakah ukuran kebenarannya bahwa sedih yang manusia alami adlh sedih yang pantas dirasakan? Itulah persepsi,perasaan, dan nuansa jiwa yang setiap saat dimainkan,manusia..
Perhatikan anak kecil . Begitu mudahnya ia merasa bahagia. Sesungguhnya satu hal penting sedang terjadi di muka bumi ini,yaitu kebahagiaan semakin tidak mudah dirasa ketika manusia bertambah TAHU, bukan bertambah MENGERTI, sebab tahu dan mengerti sangat berbeda lho tingkatannya. Tahu da semakin tahu adalah suatu kondisi yang membuat orang semakin kurang bahagia. Sebaliknya , kondisi jiwa yang mengerti dan semakin mengerti bisa mempertahankan kebahagiaan.Lho,kok bisa? Maksudnya begini, anak kecil umur empat tahun apa dia tahuyang namanya utang? dapatkah dia merasa tersiksa bila dia tahu bahwa orangtuanya berutang? Hal ini baru menjadi berarti dan menjadi sebuah penderitaan baginya saat si anak mulai tumbuh besar ( bukan tumbuh dewasa lho ya ). Saat anak ini bertambah besar,perbendaharaan ''tahu'' nya semakin penuh. Dia baru tahu bahwa utang bisa membuat rasa tidak nyaman pada dia dan keluarganya. Andai saja dia mengerti ( mengerti lho ya...bukan tahu ) bahwa keberadaan dia dan keluarganya jauh lebih penting dari sekedar utang maka dia tidak akan terusik sedikitpun oleh perasaan bersalah. Bahkan ketika merasa lebih '' sakit '' dari sebelumnya, ini pun sebenarnya bersifat relatif. Beda hari bisa beda rasa, beda tempat juga bisa beda rasa.

Mungkin informasi ini bisajadi sangat konyol bagi anda, tetapi itulah kenyataan. Coba uji hal ini ! Saat ingin marah, coba anda tahan sebentar....masuklah ke kamar mandi untuk menggosok gigi...kemudian cek apa yang dirasakan? Mungkin anda akan kaget menemukan diri anda menjadi lebih tenang dibandingkan sebelumnya. Lha apa ini ? masa pasta gigi bisa bikin tenang ?
Sungguh, perasaan tidak boleh menguasai hidup anda. Anda lah yang harus pegang kendali, sepenuhnya, seutuhnya, sekarang dan selamanya atas perasaan anda sendiri...






 
 
Blogger Templates